Kamis, 17 November 2016

Spa Tradisional ala Minangkabau Daya Tarik Baru Wisata Sumbar

"Spa Tradisional ala Minangkabau Daya Tarik Baru Wisata Sumbar Indonesia mulai sejak dulu adalah negara yang orang-orangnya di kenal mempunyai bermacam type langkah serta product perawatan badan tradisional, yang semua datang dari rempah-rempah alami.

Macam type jamu dan ramuan tradisional itu banyak diketemukan di beberapa tempat di negeri ini. Di mana tidak sama lokasi jadi tidak sama juga tumbuhan yang digunakannya. Akan tetapi, rupanya pemakaian langkah serta product perawatan badan tradisional itu saat ini tergeser oleh product perawatan badan serta spa dari luar.

Sekurang-kurangnya ada sembilan spa tradisional Nusantara yang mewakili keragaman ciri-ciriistik budayanya di mana mempunyai kelebihan khasiatnya semasing. Sebagian yang telah mulai kembali diperkenalkan salah satunya yaitu Batangeh dari Minang, Oukup dari Sumatera Utara, Tangas dari Betawi, Bakera spa dari Minahasa, Tellu Sullapa Eppa dari Bugis, Lulur Jawa dari Jawa, Bali Spa dari Bali, Batimung dari Banjar, Kalimantan Selatan, dan Soo so dari Madura.

Nah, kearifan lokal berbentuk perawatan badan tradisional yang super unik satu diantaranya bisa diketemukan di orang-orang Minangkabau. Wanita Minang sering melindungi kecantikan serta kesehatan badan mereka lewat cara mandi sauna yang dimaksud batangeh spa atau bertangas yang artinya 'mandi uap'. Manfaatnya yaitu untuk perawatan serta penyembuhan. Macamnya ada dua yakni batangeh kering serta basah.

Alat serta bahan yang dipakai salah satunya yaitu periuk tanah, tikar pandan, kain sarung, bangku, tungku, bunga, daun, akar, biji, serta kulit kayu. Disamping itu, untuk bahan yang dipakai batangeh biasanya sisi tumbuhan yang memiliki kandungan minyak astiri, seperti sereh wangi, pandan, sirih, gambelu, usa harum, serta kenanga.

Wanita Minang seperti calon pengantin, ibu-ibu, wanita yang baru melahirkan, dan orang yang baru pulih dari penyakit menahun umumnya memakai batangeh atau bertangas ini. Dengan perawatan tradisional itu badan mereka bakal fresh serta harum selama seharian.

Wanita yang baru melahirkan memakai batangeh untuk menyingkirkan bau anyir serta kembalikan manfaat rahim. Orang yang baru pulih dari penyakit menahun juga mengaplikasikannya untuk menyingkirkan bau tubuh yang masihlah tersisa sepanjang sakit juga untuk kembalikan kesegaran badan. Diluar itu, rupanya batangeh juga digunakan untuk penyembuhan beragam penyakit seperti reumatik, penyakit kulit, sinusitis serta yang lain.

Nah, traveler perempuan yang memiliki kesempatan berkunjung ke Sumatera Barat, sesekali coba spa tradisional ala Minangkabau ini. Kebiasaan Batangeh sendiri hingga saat ini masihlah dilestarikan dengan cara turun-temurun di Sumatera Barat. Tepatnya di 5 lokasi, yaitu Payakumbuh, Solok, Pagaruyung, Batusangkar serta Padang. Selamat coba ya!

(Sumber : Pesonaindonesia. travel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar